Rabu, 18 Mei 2016

Modul IV PENGENALAN LAYANAN JARINGAN


Modul IV
PENGENALAN LAYANAN JARINGAN

A.TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Mahasiswa memahami tentang konsep Jaringan
2.      Mahasiswa memahami kegunaan jaringan
3.      Mahasiswa mampu menggunakan contoh layanan jaringan

B. PERALATAN YANG DIGUNAKAN
Beberapa PC yang akan dihubungkan ke internet
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
1.      Pembagian sumber daya: berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
2.      Komunikasi: surat elektronik, instant messaging, chatting
3.      Akses informasi: web browsing
4.      Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date
5.      Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses

C. TEORI PENDUKUNG
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung menggunakan media tertentu dengan aturan yang sama dan bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
3.1  Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya
3.1.1 LAN (Local Area Network)
Pengertian LAN  atau Local Area Network adalah suatu perangkat jaringan yang menghubungan komputer yang satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel dan router sebagai penyambungnya.
Contohnya komputer A dapat disambungkan dengan komputer B dengan menggunakan kabel LAN, namun jika ingin menghubungan Komputer A dengan Komputer B, C dan D maka diperlukan sebuah router (alat pengubung).

Pengertian Jaringan LAN adalah suatu media transmisi bersama serta rangkaian hardware dan software untuk menginterfacekan perangkat menjadi media serta mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat. Topologi yang digunakan untuk LAN berupa cincin, bus, pohon dan bintang. Topologi bus dan pohon merupakan bagian kabel yang pasif tempat perangkat terhubung. Pentransmisian sebuah frame oleh suatu stasiun bisa di dengar oleh stasiun yang lain. Cincin LAN terdiri dari sebuah loop tertutup serta perulangan yang memungkinkan data beredar di seputar cincin. Repeater berfungsi sebagai titik penghubung perangkat. Transmisi umumnya berbentuk frame, sedangkan yang berupa bintang mencakup sebuah simpul pusat tempat stasiun terhubung.
Jaringan LAN merupakan jaringan milik pribadi yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilo meter. Jaringan LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik : (1) ukuran, (2) teknologi transmisi dan (3) Topologinya.
Jaringan LAN memiliki ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasannya menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.
Seperti halnya saluran pelanggan telepon yang dipakai di daerah pedesaan, jaringan LAN sering menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. Jaringan LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikrosekon) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. Jaringan LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit per detik.
3.1.2        MAN (Metropolitan Area Network)
Pengertian dari MAN (Metropolitan Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang besar dan luas yang biasanya digunakan didalam area seperti sekolah, kampus, mall dan bahkan bisa juga kota. Sebetulnya ada dua jenis koneksi yang biasanya digunakan yaitu yang pertama adalah koneksi dengan cara menggunakan wireless dan yang kedua menggunakan kabel fiber optik. Sebagai contoh misalnya,sebuah sekolahan atau kampus mempunyai sebuah koneksi MAN yang terdiri dari beberapa LAN dan berada pada radius beberapa kilo dari sekitar tempat tersebut. Lalu kampus dengan koneksi MAN tersebut mempunyai hubungan juga dengan universitas-universitas lainnya guna membentuk sebuah WAN atau internet.
Ada pun contoh lain dengan beberapa teknologi yang menggunakan koneksi MAN seperti ATM, FDDI dan SMDS. Berikut dibawah ini saya beri penjelasan juga tentang ATM, FDDI dan SMDS.
1. ATM atau Asynchronous Transfer Mode bukan Anjungan Tunai Mandiri ya. ATM adalah protokol jaringan cell relay yang meng-enkodekan lalu lintas atau traffic data ke bentuk cell yang lebih kecil seperti 53 byte, 48 byte dan 5 byte.
2. FDDI atau Fiber Distributed Data Interface merupakan standar transmisi data dalam sebuah LAN yang mencakup jangkauan lumayan jauh yaitu hingga 200 kilometer. FDDI ini juga dapat mencakup ribuan user. Standar medium yang dipakai untuk menghubungkannya adalah fiber optik, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan kabel tembaga, tetapi dengan syarat harus sesuai dengan teknologi FDDI jika tidak maka transmisinya akan terganggu.
3. SMDS atau Switched Multi-megabit Data Services adalah layanan koneksi untuk LAN, MAN dan WAN dengan tukar menukar data berdasarkan standar IEEE 802.6 DQDB. Untuk koneksi antara MAN dan LAN bisa dilakukan dengan menggunakan sinyal radio, gelombang mikro dan infrared.
teknologi-berkata.blogspot.com
                                             Gambar 1 MAN
MAN /Metropolitan Area Network adalah jaringan yang berada di suatu kota tertentu yang menghubungkan beberapa lokasi/ Gedung seperti, kampus, kantor, hotel, dll. Jaringan WAN juga merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN. Intinya WAN itu kumpulan dari beberapa jaringan LAN.
Perbedaan antara LAN dan MAN gampang, LAN adalah jaringan di dalam suatu gedung /kampus /hotel. Sedangkan MAN kumpulan jaringan LAN. berarti Jaringan yg menghubungkan jaringan
LAN.


       3.1.3WAN (Wide Area Network)
Pengertian WAN (Wide Area Network) yaitu merupakan jaringan komputer yang mencakup area lokasi yang lebih luas, dengan melibatkan kesatuan komputer yang lebih banyak. Hal ini sudah jelas berbeda dengan PAN, MAN atau mungkin LAN yang dibatasi dengan ruangan dan bangunan. WAN tidak dibatasi dengan ruangan ataupun bangunan namun cakupannya bisa antar benua.WAN akan mampu mengkoneksikan para pengguna-pengguna jaringan dalam daerah jangkauan yang lebih luas. Hal ini akan membuat para Technical IT dapat melakukan sharing resource antar negara bahkan antar benua.
Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.Router berfungsi merawat dan mengatur address LAN dan juga WAN. Berikut gambar topologi sebuah WAN.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKrt-kTIBnd7LeRhlwQaymfs2rDcbSUnnpJqCC8mMGHAAzru4qrDNxKxoc0tpNFdvVppDMxZpAzxfxw5hnFTvmwBOSCiagZ0NlJtr1NTQRj7vxNehEkswK_F6UyUyYwzVToFSClSnaI_4/s320/lan-wan.gif
                                               Gambar 2 WAN
WAN tidak dimiliki atau di manage oleh seorang saja, tetapi didistribusikan dan dikelola oleh beberapa orang bahkan oleh beberapa organisasi. Teknologi yang biasanya dipakai WAN antara lain : Modem, ISDN (Integrated Services Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line), Frame Realay, ATM (Asynchronous Transfer Mode), SONET (Synchronous Optical Network), T (US) dan E (Europe) Carrier Series seperti T1, E1, T3, E3 dan lain-lain.
3.1.3.1Jaringan WAN
Wide area network adalah suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antar jaringan local yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, yang secara fisik bisa dipisahkan dengan kota, propinsi, atau bahkan melintasi batas geography – lintas negara dan benua. Ada beberapa Teknologi Jaringan WAN saat ini yang bisa kita gunakan. Berbeda dengan jaringan LAN, ada perbedaan utama antara keduanya dimana terletak pada jarak yang memisahkan jaringan-2 yang terhubung tersebut. WAN menggunakan media transmisi yang berbeda, maupun hardware dan protocol yang berbeda pula dengan LAN. Data transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.
https://aditya2508.files.wordpress.com/2012/02/wan.jpg?w=300&h=230
Gambar 3 Jaringan WAN
3.1.3.2 Komunikasi Jaringan WAN
Teknologi Jaringan WAN bergantung pada fihak ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telecommunication yang menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Tidak seperti pada jaringan LAN dimana koneksi antar device (komputer) ditransmisikan dari satu piranti digital / komputer kepada piranti digital lainnya melalui koleksi fisik secara langsung, teknologi jaringan WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan sinyal digital dalam melakukan transmisi data.Pada diagram jaringan WAN berikut ini menjelaskan masing-2 komponen dan fungsi dalam konsep teknologi Jaringan WAN.
https://aditya2508.files.wordpress.com/2012/02/diagram-wan.jpg?w=593
            Gambar 4 WAN antar provinsi
Contoh = antar propinsi
Perbedaan LAN, MAN danWAN adalah kepemilikan, keceatan dan jangkauan.
3.1.3.3Komunikasi Jaringan WAN
Teknologi Jaringan WAN bergantung pada fihak ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telecommunication yang menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Tidak seperti pada jaringan LAN dimana koneksi antar device (komputer) ditransmisikan dari satu piranti digital / komputer kepada piranti digital lainnya melalui koleksi fisik secara langsung, teknologi jaringan WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan sinyal digital dalam melakukan transmisi data.Pada diagram jaringan WAN berikut ini menjelaskan masing-2 komponen dan fungsi dalam konsep teknologi Jaringan WAN.



3.1.3.4Diagram koneksi WAN
  1. DTE (Data terminal equipment) adalah suatu piranti disisi link jaringan WAN yang berada pada sisi pelanggan (biasanya gedung / rumah pelanggan) yang mengirim dan menerima data.
  2. Demarc atau titik demarkasi adalah titik yang merupakan interface jaringan dimana kabel perusahaan telpon terhubung dengan rumah pelanggan.
  3. Local Loops adalah perpanjangan kabel line telpon dari Demarc menuju kantor pusat Telco yang mana pemeliharaannya difihak Telco, bukan tanggung jawab pelanggan. Kabel ini bisa berupa kabel UTP, fiber optic atau gabungan keduanya dan juga media lainnya.
  4. DCE (data circuit terminating equipment) adalah suatu piranti (biasanya berupa router disisi ISP) yang berkomunikasi dengan DTE dan juga WAN Cloud. DCE ini merupakan piranti yang memasok clocking (denyut sinyal sinkronisasi) kepada piranti DTE. Sebuah modem atau CSU/DSU disisi pelanggan bisa diklasifikasikan sebagai DCE. DTE dan DCE bisa saja beupa piranti yang serupa / router akan tetapi mempunyai peran dan fungsi yang berbeda.
  5. WAN cloud, merupakan hirarchi Trunk, Switches, dan CO (central office) yang membentuk jaringan telephone lines. Struktur fisik bisa bervariasi, dan jaringan-2 yang berbeda dengan titik koneksi bersama bisa saja saling overlap, makanya direpresentasikan dalam bentuk WAN cloud. Sisi pentingnya adalah bahwa data masuk melalui jaringan telpon, menjelajah sepanjang line telpon, dan tiba pada tepat pada alamat tujuannya.
  6. PSE (packet switching exchange) adalah suatu Switch pada jaringan carrier packet switched. PSE-2 ini merupakan titik-titik penghubung dengan WAN cloud.
3.1.3.5Layanan Jaringan WAN
Ada banyak penerapan teknologi jaringan WAN pada layanan WAN oleh ISP atau jasa layanan koneksi WAN yaitu sebagai berikut:
a.      PSTN
PSTN adalah public switched telephone network, adalah merupakan teknologi tertua dan diapakai secara luas diseluruh dunia dalam komunikasi WAN. PSTN adalah teknologi Jaringan WAN dalam jaringan circuit-switched. Teknologi ini berbasis dial-up atau leased line (always-on) menggunakan line telephone dimana data dari digital (komputer) diubah menjadi data analog oleh modem, dan kemudian data tersebut menjelajah dengan kecepatan terbatas sampai 56 Kbps saja.
b.      Leased lines
Leased Lines adalah jenis dedicated dari teknologi jaringan WAN menggunakan suatu koneksi langsung yang bersifat permanen antara piranti yang berkomunikasi dan memberikan suatu koneksi konstan dengan kualitas layanan koneksi (QoS). Akan tetapi leased line adalah lebih mahal dibanding dengan sambungan sesuai kebutuhan (dial-on-demand) PSTN.
c.       X.25
X.25 dispesifikasikan oleh ITU-T – adalah suatu teknologi jaringan WAN paket switching melalui jaringan PSTN. X.25 dibangun dengan merujuk pada layer Data Link dan Physical layer pada referensi model OSI. Awalnya X.25 menggunakan line analog untuk membentuk jaringan paket switched, walaupun X.25 bisa juga dibentuk menggunakan jaringan digital. Protocol X.25 mendefinisikan bagaimana koneksi antara DTE dan DCE di setup dan dipelihara dalam Public Data Network (PDN)
d.      Frame relay
Frame relay adalah salah satu teknologi jaringan WAN dalam paket switching – suatu komunikasi WAN melalui line digital berkualitas tinggi.
e.       ISDN
ISDN (Integrated services digital network) mendefinisikan standards pada penggunaan line telephone untuk kedua transmisi analog maupun digital.
f.       ATM
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknologi jaringan WAN dengan koneksi kecepatan tinggi dengan menggunakan paket switched system dari kecepatan 155 Mbps sampai 622 Mbps. Ia dapat mentransmisikan data secara simultan, voice yang digitize, dan sinyal digitize video melalui kedua jaringan LAN dan WAN.

3.2 Macam-macam Layanan di Internet Beserta Fungsinya

3.2.1 WWW (WORLD WIDE WEB)

http://materitik78.blogspot.com/
Gambar 5 WWW
Pada saat ini WWW atau sering disebut Web saja adalah pelayanan yang paling populer. Web menyajikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain. Berdasarkan konsep hypertext yang tersimpan dalam internet webserver, artinya dokumen-dokumen di web dapat memiliki link atau sambungan dengan dokumen lain baik dari web server yang sama maupun dari web server yang lain. Dengan link ini, tentu sangat memudahkan kita untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau dari server satu ke server lainnya hanya dengan cara mengklik saja. Dapat kamu bayangkan seberapa banyak informasi yang akan kamu dapatkan? Tentu tidak terbatas. Selanjutnya, konsep hyperteks dikembangkan menjadi hypermedia yaitu suatu teks tidak hanya dikaitkan dengan teks suatu dokumen lain, tetapi juga dengan gambar, suara, video, animasi, dan multimedia lainnya.Seiring dengan berkembangnya internet di seluruh dunia jumlah situs web yang bisa diakses sudah mencapai miliaran halaman web. Untuk lebih memudahkan pencarian informasi dari situs web tersebut sekarang disediakan fasilitas yang disebut search engine. Kegiatan pencarian atau penjelajahan situs web disebut browsing atau surfing.

3.2.2 E-MAIL

http://materitik78.blogspot.com/
Gambar 6 E-Mail
E-mail atau electronic mail adalah layanan internet untuk mengirimkan surat dengan media elektronik. Dengan fasilitas ini kita bisa berkirim surat dalam bentuk teks hanya dengan beberapa detik saja. Pengirim cukup memasukkan alamat yang dituju tanpa harus memakai prangko ataupun pergi ke kantor pos. Syaratnya pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki alamat e-mail.Fasilitas e-mail menyediakan sebuah mailbox atau kotak surat yang tersimpan di dalam mail server sehingga sewaktu-waktu kita bisa mengecek surat yang masuk, membalas surat, menghapus, ataupun mengeditnya. Selain itu, layanan e-mail memungkinkan kita untuk dapat mengirim lampiran teks atau gambar dalam bentuk file dengan perintah file attachment. Layanan e-mail terbagi menjadi dua kelompok, yaitu e-mail berbasis client dan e-mail berbasis web. E-mail berbasis client mengharuskan penggunanya memiliki perangkat lunak e-mail client seperti Eudora atau Outlook Express. Kita bisa membaca atau mengedit e-mail dalam kondisi offline, artinya tidak terhubung dengan internet dan itu berarti kita bisa menghemat biaya. Koneksi hanya pada saat melakukan pengiriman saja. Sementara e-mail berbasis web, seluruh aktivitas penggunaan e-mail harus dilakukan melalui situs web dan itu berarti harus dalam keadaan online.

3.2.3 INTERNET RELAY CHAT (CHATTING)

Selain berkirim surat, kita juga bisa berkomunikasi atau ngobrol langsung dengan teman atau siapapun dalam waktu yang bersamaan dengan layanan chatting. Kita tinggal menentukan tema yang diminati selanjutnya kita bergabung dengan mengetikkan apa yang ingin kita obrolkan dengan menggunakan keyboard. Orang yang melakukan chatting disebut chatter. Chatting bisa dilakukan secara kelompok dalam suatu chatroom atau berdua saja dalam modus private. Semakin pesatnya perkembangan internet, aplikasi chat terus berkembang sehingga komunikasi tidak hanya dapat terjalin melalui tulisan atau suara saja, tetapi melalui gambar dan suara sekaligus (video conference). Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client seperti salah satu contohnya ialah software mIRC.

3.2.4 SEARCH ENGINE

http://materitik78.blogspot.com/
Gambar 7 Search Engine
Layanan search engine banyak digunakan oleh para pengguna internet. Begitu banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para pengguna internet. Search engine atau mesin pencari, terdapat baik di suatu situs yang khusus maupun bagian dari situs tersebut. Layanan ini berfungsi untuk mencari informasi yang dibutuhkan para pengguna internet sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan. Informasi yang dapat dicari bermacam-macam, mulai alamat situs web, alamat blog, berita, data, dan informasi lainnya, baik yang sudah lampau maupun informasi terkini. Dapat juga informasi yang dicari khusus berupa gambar atau foto. Biasanya untuk keperluan memenuhi tugas atau sebatas mencari tahu gambar yang dicarikan mudah dan cepat didapatkan. Beberapa situs yang menyediakan fasilitas ini, antara lain: Google, Altavista, Yahoo, Excite, Lycos, dan lain-lain. Salah satu mesin pencari yang banyak digunakan ialah Google. Tampilan google sebagai search engine ditunjukkan oleh gambar di atas.

3.2.5 LAYANAN BLOG

Setelah kamu berhasil membuat e-mail dan saling kirim e-mail dengan teman, mungkin nanti kamu juga akan sering mencari informasiinformasilain sesuai kebutuhan, yang tentunya berbagai informasimenarik akan kamu jumpai. Coba kamu perhatikan ketika berada di situs tertentu, mungkin di situs tersebut akan ada link dengan situs lain yang mirip dengan nama seseorang. Situs tersebut dinamakan blog yang artinya situs pribadi. Dengan membuat blog, kita bisa menumpahkan semua ide, kreativitas, harapan, hobi, atau apa pun sesuai keinginan kita. Sehingga tak heran jika kita akan menemukan berbagai jenis blog, ada yang khusus memuat puisi, uneg-uneg sastra, khusus foto, artikel, hukum, lagu, film, filsafat, jurnalistik, dan masih banyak lagi. Blog juga sering dikatakan sebagai catatan harian pemiliknya. Hal ini disebabkan keleluasaan pemiliknya untuk mengisi blog tersebut sesuai kebutuhan sehingga setiap blog memiliki corak dan keunikan masing-masing. Untuk membuat blog sangatlah mudah, pertama-tama kita harus membuat account dulu seperti kita membuat e-mail. Sebaiknya kita daftar di domain blog gratis seperti http:// www.bloger.com setelah selesai register/ sign up di http:// bloger.com, kita dapat mulai mengisi blog tersebut. Agar blog kita bisa dimanfaatkan oleh pengguna internet atau pemilik blog lain, tentu kita harus bisa mempromosikan blog kita caranya adalah:
  1. Daftarkan ke berbagai direktori blog, seperti http://tandamataapri.blogspot.co.id/ dan http://tandamataapri.blogspot.co.id/ Caranya ikuti seluruh petunjuk di directory tersebut.
  2. Saling tukar link dengan sesama pemilik blog.
  3. Berkunjung ke blog lain.
  4. Aktivitas posting yang rutin.
  5. Selalu melukiskan alamat blog kita saat berkirim e-mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar